SBY dan Jhon Key Bicara 4 mata (tete a tete)

SBY dan Jhon Key Bicara 4 mata (tete a tete)

Jakarta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan bertemu dengan John Key. Pertemuan empat mata kedua pemimpin negara akan digelar membahas hubungan bilateral RI dan Selandia Baru. 

John Key berkunjung ke Indonesia pada 15-18 April 2012 atas undangan Presiden SBY. Pada Selasa, 17 April 2012, Presiden SBY akan melakukan pertemuan bilateral dengan PM John Key, yang diawali dengan pertemuan empat mata (tete a tete). 

"Agenda utama dari pembahasan kedua Kepala Negara adalah mengenai upaya-upaya bersama untuk mempererat kerjasama bilateral ke depan, termasuk di dalamnya kerjasama di sektor energi, peternakan, dan pendidikan. Kedua Kepala Negara juga akan membahas isu-isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama," demikian disampaikan juru bicara Presiden bidang luar negeri Teuku Faizasyah dalam rilis yang diterima wartawan, Senin (16/4/2012).

Seusai pertemuan bilateral, kedua Kepala Negara dijadwalkan akan menyaksikan penandatanganan beberapa MoU, di antaranya di bidang pertanian dan lingkungan hidup. Pada malam harinya, akan diselenggarakan jamuan santap malam kenegaraan untuk menghormati PM Selandia Baru di Istana Negara.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia ini, PM Selandia Baru dijadwalkan akan menghadiri berbagai acara, antara lain Business Breakfast dengan CEO perusahaan-perusahaan di Indonesia dan pertemuan dengan Sekjen ASEAN. Selain itu, PM Selandia Baru juga dijadwalkan untuk berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Selandia Baru merupakan salah satu negara di kawasan Pasifik Selatan yang memiliki banyak potensi dalam kerjasama bilateralnya dengan Indonesia. Terdapat banyak ruang untuk mendorong pengembangan kerjasama, di antaranya di bidang energi panas bumi, pendidikan, pertanian dan lingkungan hidup," jelas Faizasyah.

Kedatangan PM John Key ke Indonesia juga memiliki arti penting bagi peningkatan kerjasama bilateral di berbagai forum internasional, yang sejatinya akan berkontribusi positif bagi terciptanya kawasan Asia-Pasifik yang lebih damai, stabil, dan sejahtera.

Sementara Senin (16/4/2012) pagi ini, PM John Key juga menyaksikan penekenan nota kesepahaman dengan Garuda Indonesia dengan Otoritas Bandara Auckland New Zealand. 

"MoU ditandatangani oleh Joan Withers, Auckland Airport Chairs dan Emirsyah Satar, President & CEO Garuda Indonesia, disaksikan juga oleh menteri perdagangan Gita Wirjawan dan Menteri Perdagangan Selandia Baru," jelas VP Corporate Communication Garuda, Pujobroto saat dihubungi detikcom, Senin (16/4/2012).

Penekenan ini, lebih berkaitan untuk memperluas jaringan penerbangan Garuda, selain point-to-point Jakarta-Auckland, juga ke Eropa, seperti kerjasama penerbangan Garuda dengan KLM. Mengenai pembukaan rute, Pujo menambahkan harus menyesuaikan dengan ketersediaan armada pesawat yang ada.

Apakah akan memakai armada Airbus 330-300 yang kemarin hendak dibeli Garuda dari Airbus, Pujo membenarkan, "Iya nanti kita pakai Airbus 330, paling cepat tahun depan (membuka rute ke Auckland-Selandia Baru)."
Sumber: Detik.com (nwk/nrl)


Sent from my BlackBerry® powered by TwitterFeeds.blogspot for HumorBBM Blogspot. If you want send funny article & Humor pictures just send email to:kumpulan.humor@gmail.com and notify your URL

0 komentar :

Posting Komentar

Recent Post

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog